Common Sense, Nonsense, and Everything in Between

Bandung – Semi-Relocate?

Bandung adalah salah satu kota yang saya suka di Indonesia. Selain Bali, Pekanbaru. Sebelum menyadari pentingnya waktu, Surabaya dan Jakarta masuk dalam daftar kota yang ingin saya tinggali lama. Saya pernah mengusulkan diri ke rekan kerja di Surabaya agar dipindahkan saja ke Surabaya 😀

Bandung ini berbeda. Modern, ramah, tidak begitu besar, tetapi tetap punya irama yang cepat (dan teratur). Ini sangat mungkin karena banyaknya anak muda yang ambisius, lincah, dan berkualitas di kota ini. Di sini, ada ITB, Unpad yg menurut saya pribadi sudah melakukan sebuah proses seleksi kecil dalam menghadirkan anak muda berkualitas.

Ekonomi akan sangat dipengaruhi utk mensuplai kebutuhan mereka akan makanan minuman (I love it!), kesempatan ekspresi diri, relaksasi. Dan tentunya semuanya within budget! (Best thing).

Ekonomi paling penting di sini tentunya adalah pariwisata, beda dengan Jakarta dan Surabaya yg mengandalkan sektor finansial, manufaktur.

Kedua hal ini ditambah dengan suhu yang beberapa derajat lebih rendah membuat Bandung kota yang sangat amat layak ditinggali.

Common Sense, Nonsense, and Everything in Between