Common Sense, Nonsense, and Everything in Between

Mungkinkah Meninggalkan Blackberry?

Ini adalah salah satu pertanyaan berat yang coba saya jawab sendiri. Butuh berminggu-minggu memikirkan ini. Bagaimana dengan kontak di Blackberry Messenger alias BBM? Bagaimana dengan email? Bagaimana dengan contact? Apa jadinya dunia tanpa Blackberry? Will I survive one day without RIM?

YES, WE CAN!

Biasanya yang menghambat “migrasi” ini adalah BBM, Email, Contact. Tiga hal ini yang paling sulit. Tetapi, sebenarnya jika kita kulik sedikit, sebenarnya semuanya tidak ada masalah sama sekali.

1. BBM. Ini adalah, well, seakan-akan produk utama RIM, mau device-nya yang mana saja, fitur ini sama dan memang fitur wajib. Kamera boleh tidak auto-focus, form factor boleh kaya batu bata, tetapi BBM harus ada. Saat ini ada banyak opsi lain untuk instant messaging, mulai dari yang sudah populer seperti Whatsapp, Line, Viber, bahkan sekarang Path. Paling mudah adalah Whatsapp, dan memang sudah sangat banyak yang menggunakannya. Bahkan lebih banyak daripada BBM, karena keunggulan Whatsapp yaitu multi-platform alias bisa di BB, Android, iOS, Symbian dll. Group juga ada lho! So? BBM is not an issue. Unless, you dont want to reveal your mobile number. Whatsapp menggunakan nomor HP sebagai identity, bukan PIN seperti BB.

2. Email. Ini paling gampang, tinggal spend waktu beberapa menit, dan semua email langsung aktif, push mail bisa diset automatic ataupun manual. Very easy. Di Android maupun iOS caranya sama, simple.

3. Contact. Cuma butuh waktu 1 menit untuk setup contact. Catatannya, kita harus sync dengan Google, atau layanan lain. Dalam case ini, karena saya pengguna setia Google, maka saya pakai Google. Pastikan di BB sekarang sudah sync dengan akun Google, entah Google Apps di kantor ataupun GMail. Jika sudah, maka sebenarnya memindahkan kontak sangat gampang. Cukup setup di iOS atau Android, dalam hitungan menit, semua kontak berpindah dengan mulus.

So, can we leave Blackberry? Yes! 🙂 Tell you what, there’s a whole new world out there.

Note: Not that I hate Blackberry, I just think their products suck at this moment. Maybe someday, I will try Blackberry’s products again. Maybe. Never fall in love or fall out of love with your phone. They are just phones, for God’s sake! I have used (in timeline order): motorola startac, sony ericsson, motorola, nokia 3210, nokia 8210, nokia 9100, blackberry curve 8310, blackberry bold 9000, blackberry onyx 9780, samsung galaxy s-ii, samsung galaxy s note.

Current lineup: samsung w-139 and iphone 5.

Common Sense, Nonsense, and Everything in Between