in Travel

Jalan Jalan ke Pondok Rasamala

Pondok Rasamala ini merupakan satu dari beberapa kompleks villa yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Karena lokasinya, hawanya sangat sejuk sepanjang hari. Bahkan sore hingga dini hari, suhu sangat dingin hingga mandi tanpa air hangat adalah suatu keterpaksaan.

Dari Jakarta, perjalanan menuju lokasi seharusnya bisa ditempuh sekitar 3-4 jam tergantung kemacetan. Pada saat menuju lokasi, kami menggunakan Bogor Ringroad, dan kemudian

keluar di Dramaga. Sepertinya ini adalah kesalahan, karena petunjuk resmi dari website Pondok Rasamala sebenarnya menyarankan exit Kedung Halang. Kami sempat stuck sekitar 1.5-2 jam hanya di Dramaga (sekitar IPB). Total perjalanan mencapai 5 jam gara-gara kesalahan ini.

Untungnya saat balik, kami menggunakan jalur lain yang hanya membutuhkan 3 jam untuk tiba di Gading Serpong lewat Gunung Sindur.

Villa Pinus yang kami tempat terdiri dari 3 lantai (well, lebih tepatnya 1 lantai dengan 1 semi basement dan 1 attic), total ada 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Sialnya water heater tidak berfungsi dengan baik. Fasilitas di villa hanya air minum galonan dengan dispenser, peralatan masak standar, dan ranjang. Tidak ada toiletries, handuk, ataupun pernak pernik lainnya. Jadi ya, that’s it, room only.

Tampak belakang:

Sarapan bisa dipesan dengan biaya 30 ribu per orang, tadi menunya nasi goreng dan telur. Tetapi ada banyak pedagang jajanan yang mampir ke villa, mulai dari soto mie, lupis lontong, hingga ayam goreng. Jadi tidak usah khawatir kekurangan snack.

Fasilitas di Pondok Rasamala yang ada hanya sedikit mainan untuk anak dan kolam renang. Fasilitas bilas di kolam renang juga seadanya. Lebih tepat disebut kolam berendam air dingin. Kabarnya airnya langsung dari sungai yang mengalir di sekitaran sana. Dibandingkan resort yang biasa ditemui di Bandung, Pondok Rasamala membutuhkan sedikit perbaikan dan fasilitas agar lebih nyaman bagi pengunjung.

Kelebihan Pondok Rasamala ini adalah aliran kali kecil yang mengalir dan didesain sangat bagus. Penataan antar villa juga cukup nyaman, parkir mobil bisa langsung di depan villa. Tersedia backyard untuk membuat tenda kecil. Juga tersedia fasilitas api unggun dan bbq.

Andalan utama Pondok Rasamala ini adalah glamping alias camping mewah. Cocok untuk keluarga dengan remaja. Keliatan bagus sekali sih kemahnya.

Di sekitaran Pondok Rasamala juga ada beberapa curug yang menarik. Ini adalah curug Ngumpet 2 yang kami kunjungi.

Jika mau, bisa berendam seperti 4 orang tidak dikenal ini.

Pondok Rasamala ini sangat cocok untuk keluarga terutama untuk anak yang sedikit lebih besar (diatas 5 tahun). Jika mencari tempat dengan suasana pegunungan yang masih natural (beberapa ekor monyet masih kadang nangkring di atas atap), udara yang dingin, tetapi tidak rewel dengan fasilitas standar hotel, Pondok Rasamala cocok.

Tips:

  1. Bring your kids toys,
  2. Bring mosquito repellents,
  3. Prepare for 17-19 C evening (Tolak Angin Madu, kopi sachet’an Kapal Api Special Mix, sweaters)

Subcribe to Updates

I write occasionally. Subscribe to this newsletter and I will update you every time I post something interesting.