in Travel

Luwuk Trip

Sekitar 7 tahun lalu sempat ada urusan kantor di Makasar, sempat diajak klien ke kedai kopi yang katanya sudah jadi legenda di sini, Phoenam. Kemudian sempat ada beberapa kali lagi ke Makasar, termasuk transit ke Papua, tetapi ya sudah lama sekali.

Nah, setelah sekian lama, akhirnya ke Sulawesi lagi. Transit di Makasar sejam dan mampir di outlet Phoenam di Bandara, sebelum melanjutkan penerbangan dengan ATR-72-nya Garuda Indonesia ke kota kecil bernama Luwuk.

2014-11-02 15.57.57

Pengalaman unik lainnya adalah pesawat Garuda yang kami tumpangi berkapasitas 80 penumpang, sementara penumpang pada penerbangan kali ini sekitar 20. Apa yang unik? Pada saat boarding, saya yang sudah check in di kursi nomor 3 dari depan, diberitahu bahwa saya termasuk penumpang yang dipindahkan ke belakang. Why? Ternyata agar pesawat seimbang. Glek. Baru kali ini mengalami kejadian ini. Cukup mengerikan. Mengingat, tanpa dibilang seperti itupun kita sudah cukup serem naik pesawat yang lama perjalanannya tergantung kecepatan dan arah angin.

2014-11-02 17.26.49-2

Luwuk ditempuh sekitar 1 jam 20 menit dari Makasar. Bandara Luwuk (LUW) ini namanya Syukuran Aminudin Amir. Ga dapat info arti namanya, mungkin bandara ini dibangun dalam rangka syukurannya Pak Aminudin.
Bandara ini sangat kecil, tetapi jauh lebih baik daripada Malang. Sepertinya ini bukan eks militer, tetapi lebih ke bandara perintis untuk penerbangan terbatas. Sekarang sudah ada beberapa penerbangan terjadwal setiap harinya. Bandara ini sepintas mengingatkan akan bandara Supadio di Semarang, runway persis di tepi laut. Nice view.

2014-10-31 16.31.49-1

Setelah tiba, supir dari klien sudah menjemput. Berhubung sudah jam 5an sore, langsung saja saya dan rekan meminta diantarkan ke tempat makan paling enak di Luwuk. Katanya sih Rumah Makan Maros, yang menyediakan ikan bakar segar. Slurp.

2014-10-31 16.57.55

Rumah makan ini ada di tepi laut, viewnya asyik ya.

Dan ikan bakarnya (sialnya lupa difoto), adalah kerapu bakar terenak yang pernah mampir ke lidah ini. Maknyoos. Makjanggg mungkin kalau keluar dari mulut orang Pekanbaru 🙂

Today and tomorrow are going to be a tough day. Need to bring the awareness of teamwork in project management. Wish us luck!  Post event update: we have delivered perfectly fine.

View from our hotel:
2014-11-01 05.52.31

Subcribe to Updates

I write occasionally. Subscribe to this newsletter and I will update you every time I post something interesting.