in Roma

Rudi Garcia dan Roma 2013/14

Rudi Garcia Roma – Pelatih 2013/2014 Giallorosso

Tidak banyak yang kenal Rudi Garcia sebelum dia ditunjuk sebagai manager Roma untuk musim berikut ini. Tahun lalu, Luis Enrique digantikan oleh Montella, kemudian ke Zeman, kemudian ke Andreazzoli. Empat manajer yang tidak bisa memuaskan tifosi dan pemegang saham. Rudi Garcia sendiri pernah sukses di Lille, yaitu menjadi juara Ligue 1 dan Piala Prancis tahun 2010/2011, double winner. Jika tidak mengikuti Ligue 1, sepertinya nama Garcia emang ngga begitu populer. Anyway, siapa sih yang kenal manajer di Ligue 1 selain si Carlo Ancelotti dan Laurent Blanc?

Tahun ini banyak perubahan, yang paling signifikan adalah Technical Director Franco Baldini (sudah di Roma sejak 1999, tapi 2006-2011 di Real Madrid dan Timnas Inggris) pindah ke Tottenham dan Stek pindah ke Fulham. Kemudian Goi, Piris, Tachtsidis, juga tidak lagi di Roma musim depan. Sepertinya lini belakang masih dianggap biang kegagalan Roma. Ga heran juga sih kalo lihat statistik.

Garcia akan memulai dengan memastikan lini belakang yang kokoh mulai dari siapa kiper utama, siapa bek tengah yang akan jadi andalan (hmmm… jadi ingat zaman Aldair, Chivu, Samuel!). Kemudian sama seperti setiap transfer window, DDR kerap diganggu klub lain, Chelsea, Man City (untunglah Mancio sudah tidak di sana).

Di lini tengah depan, setidaknya Lamela, Destro, dipastikan masih akan jadi andalan. Totti sedang membicarakan kontrak baru, walaupun diyakini perannya akan mulai berkurang musim depan. Sayangnya kemungkinan Roma tidak akan diperkuat lagi oleh Osvaldo, top skor Roma musim ini. Mudah-mudahan, Roma tidak bergantung pada Borriello.

Soal foto Garcia di atas, saya punya poster yang sama persis dengan yang ada di background foto tersebut. Dibeli tahun 2000! 13 tahun lalu.